IPA versus IPS

Juli 14, 2007 at 7:46 am 123 komentar

Ini adalah masalah klasik siswa SMA, pada saat penjurusan mereka dipusingkan dengan memilih jurusan yang akan menentukan masa depannya. IPA, IPS dan Bahasa menjadi pikiran utama di otak mereka, mungkin di banyak sekolah jurusan Bahasa sudah tidak dibuka lagi.

Sebenarnya apapun jurusan yang teman-teman pilih bukan menjadi masalah asalkan memang cocok bagi kita semua. Tapi masalahnya ‘Apakah kita tahu yang cocok bagi diri kita?’ Dalam menentukan sesuatu kita jangan memaksakan ego kita menguasai segalanya, tanyakan dan konsultasikan pada guru, wali kelas, BK, dan yang penting orang-tua.

Pandangan orang saat ini menganggap jurusan IPA lebih bagus dari IPS, hal itu wajar-wajar saja sebab IPA memiliki lebih banyak jalur menuju Perguruan Tinggi ketimbang IPS bahkan IPA-pun bisa masuk Jurusan IPS di PT nanti. Banyak lulusan IPA yang kuliah di Manajemen, Akuntansi, Politik, FIKOM, dsb. Kemudian hampir di semua sekolah anak-anak ‘pintar’-nya (yang mendapat rangking atas) masuk jurusan IPA dan yang masuk IPS biasanya yang mendapat rangking bawah. Dari alasan di atas maka wajarlah bila orang berpendapat bahwa IPA lebih bagus dari IPS.

Apakah seburuk itu IPS? Tidak, jurusan IPS dibuat pasti dengan tujuan tertentu. Di dalam jurusan IPS kita akan dididik berbagai ilmu sosial dan kemasyarakatan, kitapun akan dilatih agar menjadi manusia yang kritis dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Hal-hal seperti inilah yang tidak dimiliki oleh pelajar di Jurusan IPA.

Dalam kehidupan sehari-hari IPA dan IPS selalu hidup berdampingan dengan harmonis (Kaya apa aja). Guru IPS saya pernah bercerita bahwa sekitar tahun 80-an pemerintah akan membangun waduk di Madura maka didatangkanlah para engineer dari ITB, ITS, UI, dsb. Tetapi karena para engineer tersebut tidak memiliki kemampuan sosial yang baik maka pada saat mereka akan membangun waduk tersebut ratusan warga Madura yang tanahnya terpakai datang dan membawa clurit untuk mencincang mereka, gagal-lah proyek tersebut. Dari peristiwa tersebut para ahli mulai sadar betapa pentingnya ilmu sosiologi dalam menghadapi masyarakat.

Teman-teman sekalian, jadi apapun jurusan yang kita pilih itu bagus tergantung dari bagaimana kita memanfaatkan dan mengkondisikan diri di jurusan tersebut, percuma masuk IPA tapi selalu mendapat nilai jelek dan hampir tidak naik kelas. Saya pernah mendengar dari teman IPS saya :

“Daripada menjadi ‘budak’ di IPA, Lebih baik menjadi ‘raja’ di IPS”.

Yah, apapun maksud dari perkataan itu tapi saya menyarankan pada kalian semua tolong jangan jadi ‘ LOSER‘. Yakinkan dalam hati kalian, ‘saya memilih jurusan A karena saya ingin, bukan karena saya tidak masuk jurusan B’. Oke…??

About these ads

Entry filed under: Umum. Tags: .

KETIDAKADILAN GURU DAN SISWA Indahnya Pacaran,,,

123 Komentar Add your own

  • 1. kump45  |  Juli 16, 2007 pukul 12:50 am

    ips = ikatan pelajar sukses
    ipa = ikatan pelajar apa ya??

    Balas
    • 2. defi wirdah  |  Juli 2, 2012 pukul 7:14 pm

      ikatan pelajar aktif

      Balas
  • 3. Rizma  |  Juli 16, 2007 pukul 1:51 am

    ga ngaruh sih kayanya,, jaman skarang masih ada ya yang mikir gitu,,
    temen temen Ma yang anaknya pengusaha pada ngambil IPS kok buat siap2 belajar bisnis dll,,

    Balas
    • 4. Diana  |  Maret 26, 2014 pukul 6:57 pm

      setuju. IPA gak nentuin sukses atau nggaknya emang.

      Balas
  • 5. purmana  |  Juli 16, 2007 pukul 7:48 am

    Tanpa IPA, hidup kita hampa tak akan ada penemuan-penemuan baru yang mengubah dunia ini…

    Tanpa IPS, hidup kita akan terasing, kita tidak respon dan tanggap terhadap gejala-gejala kemasyarakatan yang ada…

    Jadi dua-duanya itu penting bro…!

    Balas
  • 6. Death Berry Inc.  |  Juli 16, 2007 pukul 4:10 pm

    Selama saya berbaur dengan keluarga, IPS selalu didiskreditkan..

    Sekarang saya mau coba seperti apa lingkungan IPS itu…

    Balas
  • 7. atha  |  Juli 17, 2007 pukul 7:56 pm

    waw
    cool
    x)
    saya jg br msuk ips krna MINAT
    pdhl nilai ipa sya bgus2 loh
    bahkan ada tmen saya yg dapet ranking 2 dan 7 yg msuk ips
    saya memang mmpersiapkan diri saya utk terjun d bidang bisnis
    hhe
    saya BANGGA jadi anak IPS
    walaupun banyak banget tmen yg bilang
    yah,syg bgt dgn nilai kya gtu masuk ips
    hah? Ips? GENGSI dnk
    dsb
    ih
    manusia brpkirn sempit
    mau jadi apa loe?

    Balas
  • 8. purmana  |  Juli 17, 2007 pukul 7:59 pm

    selamat, selamat…!!

    Kalo dah sukses tetep jadi orang baek ya, jangan sombong, murah senyum dan tetap rajin menabung… (he2,,,)

    Ayo semuanya…!! Bikin blog yu,,!! daripada buka FS gak rame,,, cuma ngliatin foto palsu orang doang…………

    Balas
  • 9. yo3d  |  Juli 20, 2007 pukul 7:41 am

    Ge,,, lainna maneh oge boga fs??

    Ngomong we fs teu penting tapi babaturan maneh di fs cewek kabeh…..!!

    Balas
  • 10. chielicious  |  Juli 27, 2007 pukul 11:56 am

    Memang sieh tergantung keahlian kita dan ‘entar-maunya-jadi-apa’.. aku dari dulu gak bagus di sosialnya..makanya milih IPA :P padahal pengen masup bahasa..tapi sekolaan gw rada2 kampungan *kidding* jadi gak ada kelas bahasa .. but since gue emang ngerasa ilmu sosial, bisnis dll juga penting jadi plan ke depannya mo ambil manajemen :D .. ya intinya sieh dua2nya itu penting jadi gak boleh itu mendiskreditkan jurusan lain heheh~

    Balas
  • 11. hygin  |  Agustus 23, 2007 pukul 9:42 pm

    ips: ilmu pengetahuan santai
    ipa: ilmu pengetahuan asyik

    jadi, kedua2nya menyenangkan. ok????

    Balas
  • 12. angga  |  Agustus 30, 2007 pukul 3:06 pm

    IPA atau IPS sama aja
    yAng pEntiNg kMauan kita dlM bLajar
    nGa urus orng mau ngomong apa tTng jurusan kita
    lo lo gue gue
    skarang yg penting gimana cAra kita membahagiakan
    ke 2 ortu kita

    Balas
    • 13. ossie  |  Maret 16, 2012 pukul 8:30 pm

      bener banget tuh…

      Balas
  • 14. nadia  |  September 21, 2007 pukul 1:46 pm

    ipa…
    ips…
    dua-duanya penting
    tp lbih penting pai (pend. Agma islam) donk
    krna semua ilmu, bersumber dari kekuasaan Allah

    Balas
    • 15. farras  |  Juni 23, 2011 pukul 12:29 pm

      mantap !!

      Balas
  • 16. KHAERUL  |  September 23, 2007 pukul 2:29 pm

    ips gax ada bedanya ma ipa sama2 dibutuhin di masyarakat. IPA ga ada IPS ga bakal maju dan juga sebaliknya…..
    Jdi lo jangan minder masuk IPS ….

    Balas
  • 17. ndyza  |  September 27, 2007 pukul 2:39 pm

    huaa..
    help me!!!..
    diriquu sedang dilansda dengan yang namanya “salah jurusan”
    ortu nyuruh masuk IPA jadinya aku msk IPA tapi bakat+minat aku di IPS..
    serasa kepala ini mau meledak..
    and then..sekarang diriquu di hadapkan pada suatu masalah baru lagi..
    DIMANAKAH JURUSAN KULIAH YANG TEPAT BUATKUU??…
    help me pliease!!!….

    Balas
    • 18. Bernand  |  Agustus 29, 2010 pukul 4:34 pm

      Turuti kata hati

      Balas
  • 19. ramadhan  |  Oktober 26, 2007 pukul 7:26 pm

    Wah… memang yg saya rasakan dulu jg gitu. Wktu kls 2 SMA sy adalah org yg ingin masuk IPS, mati2an sy belain IPS waktu ada diskusi yg mengarah kedebat ketika diangkat tema Ipa vs Ips. Waktu itu sy ingin masuk STAN ato klo nggak masuk akuntansi,kbetulan jg pas kls 2 SMA dl akuntansi tmasuk pelajaran favorit. Banyak pertimbangan dr orang tua dan jg keluarga yg lain ktka mmutuskan untuk masuk IPS. akhirnya H- seminggu sy ,dtgi wali kelas dan minta spy masuk IPA, untunglah penjyrysan blm dlakukan dan akhirnya msk ipa, padahal wktu itu wali kelas sempat bilang klo sy cocok di IPS, bkn karna sy bodoh tp katanya sy mmang bbakat dsitu. Saat itu dr segi nilai sy mmang rata, 3 jur seperti IPa,ips dan bhs sy masuk semua sbg syarat utk mmilih jur. Skrg sy dah lulus dan kul semester 3 di jur eksak juga, inilah yg sy sygkan tyta justru sy salah pilih lg sy mrasa g cocok dgn jut sy di kul yg skrg. Sy br sadar skrg bhw ini tdk ssuai dgn yg sy inginkan, ht nurani sy. Di jur ini sy masuk lwt PMDK, awalnya cuma coba2 tp malah kterima dan terpaksa diambil krn dr pihak SMA minta spy diambil soalnya klo nggak bakal mgurangi jatah PMDK berikutnya..

    Balas
  • 20. aulia rahman  |  November 24, 2007 pukul 3:36 pm

    bwat gue jurusan IPA tu nomer 1. sape bilang kita anak IPA gak bisa bergaul. anak IPA tu selalu teratas dalam segala bidang. soal geografi & sejarah apalagi. cayoooooooo, IPA!!

    Balas
    • 21. t-ion  |  Desember 25, 2010 pukul 3:32 pm

      dari tulisan luu aja ketahuann luu tuch bego. . . .

      Balas
    • 22. purledaisy  |  Januari 10, 2012 pukul 10:53 am

      dear adik2,

      ipa dan ips sama baiknya, sama-sama dibutuhkan, saling melengkapi, kelebihannya hanya bahwa ipa bisa memilih banyak jurusan saat kuliah nanti.. tapi jika dari awal qt sdh mantap masuk ke bidang ekonomi, untuk apa msk ipa… (byk teman2 sy dari ipa akhirnya kuliah dan kerja di bidang ips jg..)

      tp kalau masih ragu kedepannya mau bekerja di bidang apa, boleh2 aja masuk ipa, spy banyak pilihannya, itupun jika nilai ipa-nya memang bagus, tp kalau nilainya tanggung/biasa2 aja dan lebih bagus ips-nya, ya lebih baik masuk ips, lebih baik jadi juara di IPS daripada jadi pecundang di IPA
      —biasanya kalau anak IPA yg benar2 pintar gak akan sombong begitu (spt filosofi padi), nah yg nanggung2/biasa/jurukunci lah yg biasanya justru sombong (tong kosong nyaring bunyinya..)

      baik/buruknya tergantung individu masing2…
      -kalau A suka IPA dan nilai IPAnya bagus, untuk A msk IPA lebih bagus
      -kalau B suka IPS dan nilai IPSnya bagus, untuk B msk IPS lebih bagus

      -kalau C suka IPA dan nilai IPAnya jelek, tp nilai IPSnya bagus, untuk Clebih bagus masuk IPS (bisa jd juara di IPS drpd jd loser di IPA)

      -kalau D nilai IPA & IPS nya bagus, tp D suka IPS , jd utk D msk IPS lebih bagus walaupun nilai IPAnya bagus juga

      IPA dan IPS sma2 membutuhkan akal dan logika, bukan IPA saja !!!
      Ikuti hati nurani, hati nurani beda sama emosi pada monyet (binatang tidak punya nurani tp insting)

      Btw dulu saya anak IPA, tp kuliah di Bidang Pendidikan Ekonomi, sekarang bekerja di Perusahaan Telekomunikasi terbesar di Indonesia, sebagai analys (dulunya bisa dari IPA atau IPS, yg penting learn fast dan teliti)

      gak perlu terlalu bangga berlebihan sbg anak IPA, dan gak perlu rendah diri sbg anak IPS, mana yg lebih baik tergantung kebutuhan dan tujuan hidup masing (tiap individu berbeda)… yg penting semua itu hrs dijalani bersungguh2 sbg lahan ibadah dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang2 yg kita cintai….

      Balas
  • 23. aulia rahman  |  November 25, 2007 pukul 3:30 pm

    IPA No. 1

    Balas
  • 24. liia  |  Desember 8, 2007 pukul 9:27 am

    emang c sulit bwt nentuin mw msk ipa or ips .. pii smua itw trgntng ma kmampuan kita sndri .. tapi bnyk yg blng c jd ank ipa lbh q’ren dr pd ips . pii smw itw bgi gw sma adja ..

    Balas
  • 25. anggoro  |  Desember 27, 2007 pukul 12:51 pm

    ipa ntu perlu ips juga, kenapa gag ada ipc???

    Balas
  • 26. ndy uchiha  |  Mei 21, 2008 pukul 3:51 pm

    ipa or ips?
    smA2 pnTing kok…
    mank haruz slamanya ya anak ipa tu pinter n p selamanya anak ips tu bodoh?
    khan ga juga lach…
    SAMA2 PNTING TU….

    Balas
  • 27. Mufid  |  Juni 16, 2008 pukul 5:30 pm

    IPA? IPS? Lantas kenapa? Unimportant! Yang penting bangsa Indonesia bisa maju, itu aja kok!

    Bill Gates aja di DO waktu kuliah. Steve Job juga sama.

    Balas
  • 28. nadt2  |  Juni 19, 2008 pukul 11:55 am

    IPS dicptakan untuk anak2 pemberani.mental kuat untuk tutup kuping sama smua cemo’oh orang. persetand ama kata orang. kita punya keyakinan dan keinginand.

    Balas
  • 29. lucia_cartel  |  Juni 20, 2008 pukul 6:46 pm

    yei…itulah susahnya..ips selalu di cemooh kan..tapi ipa juga ga salah tergantung minat dan bakat kalian aja…aku aja yang murid kelas khusus dan juara kelas lagi lebih milih masuk ips karena aku minatnya disana amoai-sampai aku perang lawan sekolah..adu argumen banyak gur ga setuju saya masuk ips..tapi pada akhirnya..semuanya nyadar kok..ipa ips sama aja..pimtar ya tetap pintar walaupun itu i ipa ataupundi ips..aku aja udah makan hinaan banyak orang tapi nyantai aja..yng penting tuh..nilai bagus..kuliah di tepat bagus..dapat kerjaan yang bagus..ipa atau ips???so what!!!

    Balas
  • 30. AgoOonk  |  Juli 13, 2008 pukul 10:28 pm

    Ingat tnpa ad ipS ga da yG nmAna pnMuan”. . .
    Hay anag” ipA jgn brbnggLh kLian,..Ap andiL kLian bwt nEGra ni. .,bear kLian mcug ipA,. Ap pRnh mju ne nEgra??!..! Ga ngAruH kand.

    Balas
    • 31. Resti Ningtyas Haryati  |  Januari 9, 2014 pukul 3:12 pm

      gak ngaruh?? Lo bilang? jangan nyalahin anak ipa juga. emang kalo misal semuanya masuk jurusan ips apa negara ini bisa maju.? belum tentu woyy..!!! jaga omongan yaa!

      Balas
  • 32. disphi  |  Juli 16, 2008 pukul 5:48 pm

    gu amad sangad pusing dengan penjurusan–
    gu bisa masuk semuanya ipa,ips,ipb
    tpi minat gu di ips
    org2 nganjurin gu masuk ipa
    mereka blg”syg bgd lo msuk ips, mending ipa..masa dpn tjamin, kuliah bisa diomana aja”

    tiba–
    gu tersadar
    ikutin kata hati lo–
    krna kata hati gag prnah salah
    skarang gu sdg mikir ipa ato ips
    krna bsok pnentuan

    Balas
  • 33. disphi  |  Juli 16, 2008 pukul 5:49 pm

    mana ipa skarang pake kimia,fisika biologi uannya
    standar kelulusan tambah tinggi aja–

    ya allah
    susahnya jurusan iniii

    Balas
  • 34. disphi  |  Juli 16, 2008 pukul 5:50 pm

    blom tentu ips jelekk

    pemilihan jurusann

    yang penting nyaman dan sesuai minat lo

    IKUTIN KATA HATI LO

    Balas
  • 35. madi  |  Juli 18, 2008 pukul 4:44 pm

    wah Pusing milih juRuasan Masuk ipa supaya bisa cARI KEJAAN dgn Gampang katanya waw gue milih ipa tapi gue suka ips juga Tapi klo Ipa nilainya anjlok smua Tapi coba2 IKUT Tes ipa MOGA2 suKSES

    Balas
  • 36. andre  |  Juli 18, 2008 pukul 9:50 pm

    Aq tiap mlem 5 hri ini nangis truz.
    Bngung milih jurusan…
    Aq skrg udah masuk klas IPA.
    Pas penulisan angket,ortu saya ngotot saya msuk IPa.karena 2 kakak saya sbLumnya masuk kLas IPS.sungguh tak logis alasan orang tua saya. . .

    -psikotes saya menunjukan bahwa bakat di IPS paling tinggi
    -Tertulis di hasil psikotes ‘disarankan masuk IPS’
    -sejak SD saya sudah menonjol di pelajaran IPS
    -saya suka baca n ngikutin berita
    -KATA HATI SAYA BILANG ‘IPS!IPS!IPS!
    -nilai IPS dan IPA mencukupi untuk masuk di semua jurusan
    Tapi sekarang saya sudah masuk xi ipa.
    Masih ada kesempatan 1 minggu kata tman saya.
    saya bimbang sekali. . .
    Apalagi ada pernyataan ‘walaupun tidak bakat,tapi kalau berusaha pasti sukses’
    Kata-kata itu sempat membuat saya ragu dengan kata hati saya.
    Pengunjung blok yang terkasih,apa yang harus saya lakukan.saya bingung sekali. . .
    Tolong. . .
    Tolong. . .
    emaiL dan FS sya : andre_hizkey@yahoo.com
    Makasih

    Balas
  • 37. nine_dy  |  September 2, 2008 pukul 9:30 am

    idooooooooooooop ips……
    chayoooooo ips…..
    ips=ikatan pelajar sukses!!!!!

    Balas
  • 38. nine_dy  |  September 2, 2008 pukul 9:33 am

    plendz……..smwa yg ada di indonesia!!!!
    bwat group anak ips yoookkkkk….ho6
    sblom_a aq bingung.. gw menonjol di pelajaran ipa…tp np aq msk ips yah?
    bingung neh……..

    Balas
  • 39. Dienz  |  September 10, 2008 pukul 8:14 pm

    wah..gw msuk ips neh,,pdhal kn tujuan ku ke sekolah penerbangan….
    tp aq ttp optimis klo anak ips jg bisa jadi penerbang/pilot bro….
    bnyk jg ko yg ksi info2 gt….
    jadi lo yg dari ips,,gk sah minder key!!!
    qt jg bs terbang ko kayak pilot2 dari jurusan IPA..oke!!
    ttp semangat yaaaaa…..!!!!!

    Balas
  • 40. achiet yuhuu !  |  Oktober 23, 2008 pukul 9:15 pm

    haduh . Ak makin bingung pilih ipa ato ips . Ak baru masuk sma , baru sekitar 3 bulan belajar . Tapi mikirin penjurusan bikin stres bgt !

    Secara gak langsung , nyokap pengen anaknya di ipa , biar sama kyk kakaknya . Bokap juga pengen ak di ipb . Biar sama kyk kakaknya .

    Jelas , ak pengen bahagiain ortu . Tapi minatku lebih ke ipa . Tapi bayangan ak tentang ips itu buruk ! Bingung ! Pleasee , bantuin ak . Masukan dari kalian ngebantu bgt ! Testi ke jerrucknippiz@yahoo.com ya !

    Thanks .

    Balas
  • 41. achiet yuhuu !  |  Oktober 26, 2008 pukul 9:44 am

    Ehm . Ralat . Di postingan ak diatas , ak bilang ‘tapi minatku lebih ke ipa’ . Itu SALAH ! maklum , nulisnya buru-buru , dikejar billing . Hehe .

    Harusnya , ‘tapi minatku lebih ke ips’ . Gitu , maaf yah .

    Ak gak blg ak benci ipa . Tapi gak tau kenapa , langkah ak itu menuju ips . Ak gak ngerti , Beliau nyuruh ak msuk ipa . Beliau blg , kalo mw masuk ptn , yg diliat itu ipa duluan . Wkt it sepupu ak yg ips jadi tkut . Seburuk itukah ips ?

    What should i do ? Kirim email ke astrie_jenie@yahoo.com !

    Thanks!

    Balas
  • 42. wildo  |  November 25, 2008 pukul 7:40 pm

    Bangga dunk jdi nag Ips..

    Ipa … gag Bangedt dech

    Balas
  • 43. cutie  |  Januari 9, 2009 pukul 8:29 pm

    ngpaen abil ipa klo ujung2nya bisnis ato akun??

    tmbah bego malah

    Balas
  • 44. saya yang tak lama lagi penjurusan  |  Januari 25, 2009 pukul 10:27 pm

    semua sama aja.
    gak perlu di perdebatkan.
    ipa gak bakal bisa tanpa ips juga sebaliknya.
    ipa ips juga butuh bahasa.
    buat masalah PTN emang bener ipa lebih bebas memilih dibanding ips tentunya. kebanyakan orang kuliah untuk kerja.
    sedangkan pada dasrnya kerja, rezeki, dll sudah ada yang mengatur. jadi saya rasa tidak ada masalah :)
    untuk masalah orang tua. mungkin mereka hanya ragu dan takut melihat anaknya tidak bahagia kelak atau apalah maka dari itu mereka menyuruh anaknya memilih jalur ipa sebagai ‘jalur aman’. tapi kita sebagai anak yang memiliki pendapat yang berbeda dengan orang tua harus bisa menunjukan semangat kita dan membuktikan pada orang tua kita kalau kita akan berhasil kelak.

    Balas
  • 45. budi  |  Februari 22, 2009 pukul 4:01 pm

    luweh..

    Balas
  • 46. budi  |  Februari 22, 2009 pukul 4:04 pm

    luweh

    Balas
  • 47. Kenapa Jurusan IPS Gak ada Prakteknya!  |  Maret 26, 2009 pukul 1:42 pm

    Kalo menurut gw sebenarnya ini adalah masalah sistem yang membuat IPA seakan-akan menjadi lebih daripada IPS…

    Balas
  • 48. Lulu  |  April 15, 2009 pukul 4:03 pm

    IPA N IPS si sama ja klieeee….
    Tergantung qta lbih suka ap IPA pa IPS ???
    Ikutin ja kata hati lw…

    Balas
  • 49. Kaito93  |  April 15, 2009 pukul 10:10 pm

    Wuuiih…
    Banyak yg bilang kalo ips ama ipa sama aja, kalo gitu kenapa harus ada penjurusan?

    Balas
  • 50. Naaa  |  April 30, 2009 pukul 3:50 pm

    Memilih jurusan memang perlu pertimbangan matang,karena hal it yg akn kt jalani selama 2 thn..ukurlah kemampuanmu dgn melihat nilai2 rapor antara ips atau ipa mana yg lbh bagus lalu dengarkn kata hati,kita lbh minat dan suka mempelajari ilmu apa?? Jangan pernah msk sbuah jurusan karena hany ingin menyenangkan org lain..jgn sampai kita menyesal bila dikemudian merasa hari2 bagai dineraka krn salah pilih jurusan!!
    Ipa,ips atau bhs semua ny baik dan akn menjadi lbh baik apabila kita menekuniny dgn sungguh2 X)
    ayo teman2 tentukan pilihanmu dan bertanggung jawab lah atas pilihanmu dengan menorehkan prestasi ^_^/

    Balas
  • 51. waa  |  Mei 7, 2009 pukul 9:21 am

    yaaah…

    q juga bingung ni…
    kalo boleh tau,, jurusan mana aja yang bisa aku masukin kalo aq masuk ips??

    Balas
  • 52. yoez  |  Mei 19, 2009 pukul 11:41 am

    IPS : Ikatan Penghuni SURGA, Ikatan Pelajar Sukses
    IPA : Ikatan Pengemudi Angkot…

    Balas
  • 53. Harsa  |  Mei 28, 2009 pukul 5:08 pm

    itu semua tergantung kita bagaimana menilainya..
    dan kita hrus tau kemampuan kita dimana,,
    percuma aja kalo kita bela2in masuk IPA cuma karena kita ngejar image doank,,
    dua2nya sama2 baek ko =)

    Balas
  • 54. bmb  |  Mei 29, 2009 pukul 6:31 am

    hax3
    gue mau msuk IPS bro.
    nuwun doa ne nggih.

    Balas
  • 55. fffffff  |  Juni 5, 2009 pukul 12:29 pm

    cman mau ngasi coment ja klau bnyk dari tmn2 saya yg meremehkan ips bahkan mereka bilang ipa lbih diutamakan di perguruan tinggi pdhal saya baru kls 1 sebenarnya smua jurusan tu bgz kog…..tergantung orang nya ja bisa ga ngejalanin…….

    buat yang mau penjurusan hrs semangat ….dan jangan terpengaruh orang lain semangat…..

    Balas
  • 56. frenji afrita  |  Juni 10, 2009 pukul 2:42 pm

    gue bingung harus kemana temen teman gue nyuruh gue masuk ips karena ips itu masuk kekepribadian gue tapi orang tua gue memaksakan gue ke ipa, iya sih gue juga pengen masuk ipa karena citacita gue jadi dokter. tapi gue bingung smp dahulu eksak gue bagus tapi ketika gue beranjak sma nilai gue turun ini karena gue apa gurunya? apa karena lingkungan berasrama gue ini ape udah ngubah semua kehidupan gue? tolong dong bantu gue ipa atau ips?
    ipa gue ngebahagian ortu dan cita2 gue bisa gue jalanin kalo gue sanggup, kalo ips gue ngecewain ortu tapi itu pas bgt sama kepribadian gue yang bisa beradaptasi. mohon bantuannya

    Balas
  • 57. valerie chen  |  Juni 13, 2009 pukul 7:12 pm

    tadinya sy berminat msk ipa. tapi nilainya gag cukup..yahh T.T
    kLO gitu..
    dari ips ambil mata kuliah ap ya nanti…

    Balas
  • 58. Aldi  |  Juni 21, 2009 pukul 10:33 pm

    IPA dan IPS tuh sama aja, harusnya sistem pendidikan di Indonesia dibenahi biar IPS tuh di hargain !

    Balas
  • 59. Aldi  |  Juni 21, 2009 pukul 10:35 pm

    Ku juga mos masuk IPS soalnya ku suka IPS dan ingin kuliah yang jurusannya IPS. harusnya semua orang konsisten yang ipa yah ipa jangan ke ips, yang ips ya langsung aja ke ips

    Balas
  • 60. Aldi  |  Juni 21, 2009 pukul 10:36 pm

    maaf bukan “mos” tapi “mau”

    Balas
  • 61. agus  |  Juni 23, 2009 pukul 5:09 pm

    anggapan bahwa jurusan IPA lebih “keren” dibanding IPS bukan hal mengada-ada…jujur aja hati kecil kitapun mengatakan seperti itu (JUJUR). jadi…. ya memang begitu adanya… lagipula dari dulu sampe sekarang ya begitu itu… itu bila ditinjau dari anggapan sebagian besar masyarakat. Belum lagi bila ditinjau dari kesempatan untuk melanjutkan ke PT…. yach begitulah….

    Balas
  • 62. sandra  |  Juni 23, 2009 pukul 7:51 pm

    Buat semua anak ips,,,,
    ayo kita buktiin kalau ips bukan cuma buat anak nakal. Justru di ips kita lebih tau banyak tentang sosialisasi dan hubungan kemasyarakatan.
    bukannya kita hidup bermasyarakat? jadi, kita harus paham pola pikir masyarakat itu!
    Hidup IPS!!!!

    Balas
  • 63. elisa putri  |  Juni 30, 2009 pukul 12:18 pm

    q bru dpet hasil pnentuan jrusan nih,n trnyata q msuk ips,awal-a sih q kcwa bnget!coz bonyok jga pngen-a q msuk ipa,tpi stlah q bca comment2 dri smua-a,q skrng jdi smngat lgi!thanks smua-a!^_^

    Balas
  • 64. kyouya  |  Juni 30, 2009 pukul 8:21 pm

    wah jangan berpikir sempit bahwa ipa tuh lebih bagus dari ips! ga bener banget tuh! semuanya punya min plus masing2. emang kalo masuk ipa apa hebatnya? kenapa anak ipa harus merasa lebih hebat dari anak ips? begitu juga sebaliknya.

    banyak kan anak ipa yg ujung2nya ngambil kuliah jurusan ips (kasarnya ngambil lahan anak ips). kalo udah tau bakal gitu ngapain masuk ipa?? mending masuk ips sekalian soalnya kita dpt dasar pengetahuan sosial di sma. daripada tiba2 nyerong yg biasa belajar fisika, kimia, biologi, kok tau2 kuliahnya akutansi, ekonomi, dll? ntar bakal kelimpungan sendiri deh!

    anak ipa emang soal logika lebih jago daripada anak ips. tapi logika aja apa cukup? coba aja ngomong dimasyarakat pake logika ajarannya anak ipa, pasti org awam ga ngerti, lebih baik pendekatan dengan cara sosial meskipun pastinya lebih akurat pake logika.. makanya ipa or ips tuh bakal jadi lebih hebat kalo mereka kerjasama. ya kan?

    buat anak ipa jangan sombong, begitu juga buat anak ips..

    Balas
  • 65. dEna  |  Juli 1, 2009 pukul 7:20 pm

    Lam knL smw…..
    tLong bntu gw donk… Gw bgung niy mau msuk jurusan apa…
    Feeling gw si pgnnya masuk IPS tp ortu gw nyaranin untuk masuk IpA…. iya sih pertmnya Gw ska dg dunia IPA, tp stlah Liat hsil nilai gw,.. nilai d IPS jauh lebih baguZ…. dan gw ngrasa enjoy dsitu. Tpi ortu gw btuh penjLasan yg lbih dri itu…

    Mohon sarannya ya…..

    Thanks… :D

    Balas
  • 66. nindya . .  |  Juli 3, 2009 pukul 1:14 pm

    hemzz….. IPA orr IPS…!!?

    menurut q c cmwa na ca adj,tiap org it pnya bkat n minat ndiri2 … Ikti adj kata hatii.. nkat n minat kamu,

    Low q pngen masuk STAN, wlwpn prtama na q bngung mw msuk manah, tapi akhrna q yakind… Q milih IS ! Q ngggak pduli anggapn org eang mendesreditkan IS…
    awal na ortuQ jg nggak ngizinin q msuk IS pi aq b’hsl meykindkan mrka…

    IPA or IPS trgntng bagaimana qt na eang menjalni, ilmu semudah or sesulit apa pun low qt brusaha max…. Qt pasti bisa sukses n ngebahagiain ortu qt.

    Cemangatz !!!!

    Balas
    • 67. Bernand  |  Agustus 29, 2010 pukul 4:46 pm

      Setuju , 100%

      Balas
  • 68. jonas  |  Juli 6, 2009 pukul 4:06 pm

    untuk smua tmen2 ……….
    jangan milih IPA krna gengsi ..
    udh ngk zman gengsi2an ….
    IPS bgus kok …
    calon pemimpin gitu ………..

    Balas
  • 69. ichmi  |  Juli 6, 2009 pukul 4:33 pm

    hallo …!
    jurusan IPA atau IPS itu sama aja buat q yang penting kita sungguh2 & enjoy ngejalaninnya, tanpa ada rasa paksa.

    Balas
  • 70. dian  |  Juli 7, 2009 pukul 10:58 am

    menurut aku ips dan ipa sama bagusnya kok ..

    Balas
  • 71. jiAaan  |  Juli 9, 2009 pukul 11:32 am

    huiiiiiiiiiiii
    Yg mebingungkaan ituu ortunyaa yg tergila2 bgt ankx mzug IPA emg ad ap dgn IPA emg IPS rendaah amaaT ??

    huhuuhuhuh
    Q sLah satuu ank yg dipaksa milih IPA ,malah angket tanda tangan sndiri cz ttp comit d IPS .

    huaaaaaaa pyenkkkkkkkkkkk euyyy

    Balas
  • 72. jiAaan  |  Juli 9, 2009 pukul 11:38 am

    Tp emg ini hanya mslah MINAT + KEMAMPUAN sebenrnya , kAan ama ajha Kl0 mampu tp gak minat , hSinya nnti gak bisa MAX di jurusan yg di pilih !!!

    Mslh penting IPA dan IPS sama2 penting , tergantng inidividunya ajha .

    Balas
  • 73. dongga  |  Juli 13, 2009 pukul 12:17 pm

    cayooooo………..
    nak ips wlau kta mreka ips di bwah ipa…
    marilah qta tinjukkan bahwa nakips lebih sukses dri ipa..
    motto ips mengalah untuk menang…

    wlau nlai q di bilang bza msk ke ipa tpi hsil tes dan hati q bilang q ips akhirnya q putuskan msk ips…

    biar jdi wakli presiden kyak bpk. Boediono…
    tau jdi entrepener muda…

    cayoo…..ips

    Balas
  • 74. dhioon  |  Juli 18, 2009 pukul 9:37 pm

    gag slama nya IPS terpuruk ,bahkan ada jur yang sbenarnya d blnang untuk ipa , tapi d babat IPS !!!!!!! semangat !!!!!!!!!!!

    Balas
  • 75. flow go  |  Agustus 11, 2009 pukul 1:39 pm

    tapi aneh juga ya…
    ketika anak2 ipa berlomba2 masuk jurusan akuntansi di PT
    dan
    anak ips yang berlomba2 masuk akademi keperawatan dan kebidanan…
    memangnya mereka tidak memikirkan perjuangan yang telah mereka tempuh selama mereka belajar di sma dulu
    dimana anak ipa harus pusing dengan cacing2 integral di matematika, rumus2 di fisika, rantai2 karbon di kimia
    dan anak ips harus sibuk dengan segala macam perhitungan akuntansinya…
    kalau sempat mereka diterima di jurusan yang menyimpang dari jurusan mereka di sma, bagaimana nanti mereka belajar di dalam PT pilihannya tersebut?
    sangat tidak mungkin untuk belajar dari dasar lagi kan?
    juga bagaimana dengan jurusan IPC…

    Balas
  • 76. naiah  |  Agustus 26, 2009 pukul 8:49 pm

    msuk ipa buat ngebanggain ortu sesaat, dn bkin mreka kecewa slama 2 thn krn nilai jlek2. tp dianggp pntr am orng2?

    atau

    msuk ips,beljar pljrn yg disuka,bs bkin ortu bangga slma 2 thun krna nilai bgus2,tp dianggap remeh sma orang2 ?

    pilih mana ?

    Balas
  • 77. keboo  |  September 24, 2009 pukul 4:26 pm

    huaaaa…..mauu buad film dgn tema IPA vs IPS buat lomba nantiii ……baeknyaaa gmnyah ???

    Balas
  • 78. aswy  |  Oktober 11, 2009 pukul 11:48 am

    ipa emang pelajaran yang sulit
    ips ntu juga di katakan susah kalo dari anak itu gak mau belajar..

    kita hidup memang di hadapkan dengan banyak pilihan dan tergantung orang itu yang mau memilihnya,,

    ipa ato ips yang penting maasa depan cerah oii,,

    Balas
  • 79. aswy  |  Oktober 11, 2009 pukul 11:49 am

    ipa emang pelajaran yang sulit
    ips ntu juga di katakan susah kalo dari anak itu gak mau belajar..

    kita hidup memang di hadapkan dengan banyak pilihan dan tergantung orang itu yang mau memilihnya,,

    ipa ato ips yang penting maasa depan cerah oii,,
    yg penting kita dapat memajukan indonesia ,,

    Balas
  • 80. abdul husen  |  Oktober 11, 2009 pukul 7:22 pm

    IPA atau IPS sih sama saja.
    semua nya tergantung pada kita yang menjalani nya,
    jika kita enjoy dan menikmai jurusan kita, insya Allah kita pasti sukses pada jurusan kita tersebut.

    Balas
  • 81. ichsan  |  Desember 8, 2009 pukul 9:03 pm

    Stooop Perselisihan..
    apapun jurusan nya,,
    minum nya Teh Botol Sosro…
    haha

    Balas
  • 82. andeancassiechester  |  Mei 7, 2010 pukul 8:03 pm

    kakak2 sekalian,,,
    masalah diatas adalah masalah nyata hidup saya saat ini..
    saya plajar SBI kelas 10 tapi nilai IPA saya krang memuaskan,,
    terus terang saat ini saya bingung berat!!!
    cita2 saya sih gak terlalu dominan d IPA ato IPS cz netral..
    tapi saya takut ngecewain orang tua saya kalo saya masuk IPS..
    terus terang saya fine2 aja dgn IPS tapi sekali lagi saya ngga kuat bilang ke ortu saya kalo mereka udah ngelahirin anak yang nggak bisa nyenengin mereka…..
    rasanya lebih baik mati sebelum nak kelas deh……
    mohooooooooooooonn bgetttt saran2’a ya????
    makasih sebelumnya…..

    Balas
  • 83. hasna imut  |  Juni 4, 2010 pukul 11:54 am

    caranya gimn y? aku pengen milih ipa tao ips karena aku terbiasa nulis bikin lagu jadi tolong ya? balaz

    Balas
  • 84. hasna imut  |  Juni 4, 2010 pukul 11:57 am

    aku seoarang yang suka nulis dan bikin puisi eh nyanyui juga sih tapi di sekolah ku itu belum ada jurusan bahasa jd tolong aku ya mau masuk jurusan ipa atau ips

    Balas
  • 85. Ips  |  Juni 7, 2010 pukul 6:34 pm

    gue milih ips aje dah drpd dapet peringkat 1 dari bwh di ipa, ntar gue terkucilkan kan malu bgt. kalo lu niat belajar tekunilah bidang tsb. jgn setengah2 dan gue pengen jadi no 1 walaupun gue nanti masuk ips. gue orangnya kebal cemoohan yg penting hasilnya kan nanti, ga bakal ada yg nanya lo anak is ato ia di kuliahan atau kerjaan malah kebanyakan ips gaji ipa kan?(keinget guru BK gue)

    Balas
  • 86. Julius ehm Darksiders  |  Juni 19, 2010 pukul 3:03 pm

    mendingan “IPA tpi pinter” dri pada “IPS tpi budu”.. Wkwkwkwkwk :D

    Balas
  • 87. chut  |  Juni 19, 2010 pukul 3:05 pm

    IPS lah pastinya…
    dr zaman SD, wkt prtama kali blajar IPS, udh lngsung jtuh cinta….
    eh cintanya sentia smpe skrng!!!
    Dngn IPS kita bsa jadi orang yang CERDAS SOSIAL, praktek anak IPS tuh kebukti, gak cuma teori.
    Alah IPA…meski Indonesia langganan juara olimpiade di bidang IPA, tapi praktek dikehidupan shari2nya NOL BESAR.
    For me
    IPS no 1
    always and forever

    Balas
    • 88. rezki  |  Juli 11, 2013 pukul 3:37 pm

      bukan ips yang raja….. tetapi ipa…. jika di dunia ini tanpa org ipa kita nggak akan bisa memakai hp, komputer, gadget, laptop, mesin dsb….. kalo nggak ada ipa…. kita semua hidup seperti di alam rimba, siapa yg merancang pembangunan jalan????? siapa yg mengobati org sakit???? siapa menciptakan alat komunikasi hingga secanggih ini????? siapa yg menciptakan mobil, ac, pesawat, kapal???? pastilah org ipa…… jadi jangan bilang ipa budak…. ipa yg merajai dunia, tanpa org ipa gak akan bisa kita naik haji, ke kota2, mengenal apa itu dunia, dan antariksa dsb. jadi jangan bilang ipa hanya kerja sebagai budak……

      Balas
  • 89. Julius ehm Darksiders  |  Juni 19, 2010 pukul 3:33 pm

    mw msug IPA po IPS p’tma2 hrz liad kmampuan dri sndiri dlu..
    Next, terawang mza dpan dgn objek mimat’mu..
    Truz,, prtimbangkan keinginan ortu jga.. Pi bnyak’an ortu pngen ank’ny msug IPA,,
    Nah.. Klo bakat, mnat n’ cita2 ortu uda klop.. Tnggal pilih deh jurusan yg ssuai..
    Tpi jrang2 ada yg ktiga2’ny klop.. 3 banding 10 lah..
    Mnurut survei saya.. Yg gak klop ituh di bakat sma keinginan ortu..
    Lha truz Gmna cra’ny ??? Ea dgn mmberikan pngertian lbih pda ortu,..
    :p (d’potter)

    Balas
  • 90. Dpotter  |  Juni 19, 2010 pukul 3:38 pm

    mw msug IPA po IPS p’tma2 hrz liad kmampuan dri sndiri dlu..
    Next, terawang mza dpan dgn objek mimat’mu..
    Truz,, prtimbangkan keinginan ortu jga.. Pi bnyak’an ortu pngen ank’ny msug IPA,,
    Nah.. Klo bakat, mnat n’ cita2 ortu uda klop.. Tnggal pilih deh jurusan yg ssuai..
    Tpi jrang2 ada yg ktiga2’ny klop.. 3 banding 10 lah..
    Mnurut survei saya.. Yg gak klop ituh di bakat sma keinginan ortu..
    Lha truz Gmna cra’ny ??? Ea dgn mmberikan pngertian lbih pda ortu,..
    :p (d’potter)

    Balas
  • 91. Titizz  |  Juni 24, 2010 pukul 3:00 pm

    menurut gw IPS tu keren , ga semua pelajaran IPS ada di IPA .. di IPS kita bener” bisa bersosialisasi ama masyarakat , so banyak yang bilang anak” IPS lebih mudah dapet kerja ..

    Balas
  • 92. lazuardi  |  Juli 28, 2010 pukul 8:04 pm

    aku mw buktiin sapa yg lebih bisa…
    temen aku yang kepaksa masuk ipa….
    atau aku yang minat dan ikhtiar serius di ips?

    aku gk bakalan lupain ejekan dan tawaan temen” ipa gw….

    mw jd ap lo??
    manusia yang pikirannya sempit……

    skrng tu bukn maslh ipa taw ips… palagi jaman modernisasi globalisasi kyk gini…
    smua orang di tuntut agar bisa dan mampu…
    bukn krn ipa taw ips……..

    Balas
  • 93. Dita  |  Oktober 13, 2010 pukul 7:15 pm

    Wah…
    aku juga lagi bingung nih….
    skrg aku di kelas X…
    nd lagi bingung nih mw pilih jurusan apa….
    Ortuku sih maunya di IPA
    …tapi kayaknya nilai2 pelajaran IPA ku jelek2 smua…
    trus cita2ku pengen jadi dokter kulit ato nggak interpreter..
    duh bingung….
    Help Me Please!! :)

    Balas
  • 94. somewhereibelong  |  November 26, 2010 pukul 7:42 pm

    Blogger aku juga lagi pusing nih milih jurusan. Pengennya IPS karena didasari dua hal. Pertama, pelajaran IPA bikin tekor. Kedua, aku pengen banget jadi jurnalis, wartawan, dan penyiar berita. Tolong testi ke ilovekrabbypatty@ymail.com ya! Lagi butuh nasihat bijak atau teman diskusi.

    Pusiing!!

    Balas
  • 95. nisa  |  Desember 27, 2010 pukul 3:39 pm

    hidup ips yeyeye

    ips lbh byk kerja booo dr pd ipa…

    dgn ips kt bs bersosialisasi shg mrk lbh byk mndptkn krja

    dan shri”nya kan kt memakai ilmu sosial bhkn ank” ipa pun shri”nya memakai ilmu sosial

    jd u/ ank” ipa
    jgn ska jl”kin ips dund krna shri”nya kalian membutuhkan ips

    Balas
  • 96. yadi  |  Mei 12, 2011 pukul 2:27 pm

    oooooow

    Balas
  • 97. Grace Dwiana Novitasari  |  Juni 20, 2011 pukul 2:41 pm

    IPS bukaN menjadi pelarian semata,,,akan tetapi lebih berarti menjadikan manusia menjadi MANUSIA,,,bukan larutan, taukah hewanan,,,,,,TAPI LEBIH BAIK LAGI !!!!!

    Balas
  • 98. Nyoman  |  Juni 20, 2011 pukul 7:25 pm

    Saya bingung memilih jurusan ,,
    .
    Antara ipa dan ips ??
    .
    Ortu saya nyuruh saya untuk d IPA ,dan saya k trima d IPA ,
    tp saya gk yakin sama kemampuan saya ,,
    .
    sedangkan akku kayagh.nya lbh cocok d IPS saja ,,
    .
    tp akku bingung nich ,,
    IPA Ato IPS ? , ,
    .
    akku cuma pux wktu 1 minggu untuk memikirkan ini smua

    Balas
  • 99. Bram Falcon D'ace  |  Juni 28, 2011 pukul 10:30 am

    semauanya bikin bingung >……..

    nilai ipa q baguz tapi minat ke ips sangat tinggi….

    Balas
  • 100. Lola Zieta  |  Juni 29, 2011 pukul 9:51 pm

    Sejauh ini di daerahku Jurusan IPA dianggap paling “wah” dibandingkan Jurusan IPS
    termasuk para OrTu yg pada datang ke sekolah kalo ada pertemuan…
    “Anakmu jurusan IPA ya? Wah pinter dong. Di banding anakku yg IPS”
    Sumfeh, jadi panas kuping gue… >_<

    Whatever,, sekarang aku udah jadi anak IPS…
    Aku bangga :D

    Once again, “Daripada menjadi ‘budak’ di IPA, Lebih baik menjadi ‘raja’ di IPS”.
    i Like it

    Balas
    • 101. rezki  |  Juli 11, 2013 pukul 3:34 pm

      bukan ips yang raja….. tetapi ipa…. jika di dunia ini tanpa org ipa kita nggak akan bisa memakai hp, komputer, gadget, laptop, mesin dsb….. kalo nggak ada ipa…. kita semua hidup seperti di alam rimba, siapa yg merancang pembangunan jalan????? siapa yg mengobati org sakit???? siapa menciptakan alat komunikasi hingga secanggih ini????? siapa yg menciptakan mobil, ac, pesawat, kapal???? pastilah org ipa…… jadi jangan bilang ipa budak…. ipa yg merajai dunia, tanpa org ipa gak akan bisa kita naik haji, ke kota2, mengenal apa itu dunia, dan antariksa dsb. jadi jangan bilang ipa hanya kerja sebagai budak……

      Balas
  • 102. Putri  |  Juli 2, 2011 pukul 9:27 pm

    bagaimana dengan aku? nilai perfect yang aku dapatkan di fisika dan kimia harus aku korbankan dengan alasan, aku akan pindah sekolah dari SMA swasta ke SMA negri. disekolah negri ini aku harus masuk jurusan IPS, karena IPA sudah penuh. apa yang harus aku lakukan? aku ingin menangis, bukan karena IPS jelek atau sebagainya. tapi aku akan kehilangan satu-satunya kemampuan yang aku bisa banggakan dalam diriku sendiri. aku bingung, semua orang yang aku minta saran, mereka diam, ada yang menyayangkan keputusanku masuk negri dan ambil jurusan IPS, ada juga yang membuatku sadar bahwa mungkin jalan yang aku ambil di IPS akan membawaku ketempat yang lebih tinggi dari pada di IPA. apa yang aku harus lakukan? aku harus tetap di SMA swasta dan masuk jurusan IPA atau pindah ke SMA negri dan masuk jurusan IPS?

    Balas
  • 103. Blaster  |  Juli 11, 2011 pukul 11:50 pm

    alah…IPA masi bagusan IPS
    yg penting ntar suksesnya n ngebanggain ortu……
    lagian sekarang IPA g isa lagi masu akuntansi ekonomi udah dilarang……
    buat apa coba pelajaran IPA….indonesia ini negara berakhlak beragama….jadi ngapain afalin rumus rumus n hitungan palingan klo buat usaha toko atau apapun yg isa dihitung….! g terlalu penting
    tapi klo ips kita bisa gunakan nnti klo kita sukses nnti kita bisa hormatin orang n kita bisa jadi orang yg berwibawa jiwa kepemimpinan…pasti disukai orang apalagi nnti klo beristri pas punya anak kita bisa ajarkan kpd anak kita hal hal yg baek…..
    so…..IPA is nothing than IPS
    dont worry about IPS because it can be use forever on our life
    fucking IPA

    Balas
    • 104. Mitokondria  |  Juli 26, 2011 pukul 6:24 pm

      semua orang ngafal juga bisa cuy!
      IPS = Ilmu Pengetahuan Secukupnya

      jangan gara2x otak ente cetek ga bisa masuk IPA jadi ngata-ngatain IPA dong, ampas.

      Balas
    • 105. firmansyahyedico  |  Juni 7, 2012 pukul 8:33 pm

      Saya juga anak IPS bro.
      Mikir dulu kalau ngasih komen ya?
      Kita orang sosial harus peka sama respon orang orang diluar.

      Setiap Ilmu itu bermanfaat,dan Allah mewajibkan kita untuk menuntutnya;)

      Balas
    • 106. rezki  |  Juli 11, 2013 pukul 3:33 pm

      lihat negara maju berapa banyak engineer nya????? jurusan ipa tu…. indonesia nggak maju karna sikit yg ipa….. kalau org ipa indonesia harta emas bagi negara lain, makin banyak yg ips makin banyak yg menghalang indonesia jadi produsen teknologi….

      Balas
  • 107. CUmi  |  Juli 26, 2011 pukul 6:20 pm

    IPA bisa masuk jurusan IPS
    IPS ngga bisa masuk jurusan IPA

    itu faktanya.

    IPA menggunakan Logika
    IPS menggunakan Emosi/Perasaan -> monyet juga bisa!

    itu faktanya

    Orang bego di buang ke IPS
    Orang pinter di masukin ke IPA

    itu faktanya

    IPA pelajaran sekali seumur hidup -> kapan lagi belajar fisika/kimia/bio selain di sekolah?
    IPS pelajaran seumur hidup -> manusia makhluk sosial bro! ngapain blajar sosial lagi?

    itu faktanya

    Balas
    • 108. hasyim  |  Juli 27, 2011 pukul 9:35 pm

      ..hanya orang2 yang berpikir kuo yang ngomong cak itu, lw ank ips itu buangn dari ipa, jingok berapa banyak anak ipa yang masuk jurusan ips waktu kuliah, itu namonyo dak bertanggung jawab.

      Balas
    • 109. defi wirdah  |  Juli 2, 2012 pukul 7:20 pm

      eh jangan salah yee.. wakil presiden kita skrg aja lulusan IPS

      Balas
  • 110. panjul  |  Agustus 1, 2011 pukul 3:37 pm

    dulu waktu terima lapor ,,di lapor q dtulis IPS ,,wlwpun sbnrnya ak ingin IPA aq sempat depresi frustasi akibat masuk IPS,,,,,,,,,,
    but finnally i msuk IPS ???wlpun in my school IPA ada 3 class IPS hanya 1 class aq ttap pada IPS ???

    Balas
  • 111. oscar  |  Agustus 26, 2011 pukul 10:55 pm

    alah yang ips tuh sbnernya ngiri mw msk ipa g keturutan….. Itu sbbnya kalo di kebanyakan skulah anak ipa sllu bisa nguasain bidang ips dlm waktu singkat (kan ips cuman apalan) ….. N itu sebabx nagh ipa jg bs msk PT jurusan ips kan otak ipa masih mumpuni……. Tp kalo ips ke PT ipa….. G bsa la yaw jauh……. Gengsi dong……. Hari gini ips mending SMK bisa

    Balas
  • 112. ipi  |  November 14, 2011 pukul 4:04 pm

    sebenernya setiap jurusan punya kelebihannya dan fungsinya masing2. justru yang paling keren adalah waktu seseorang itu sadar dirinya bs masuk ipa tp dia ga kalah sama gensi ketika dia jg tau kalo dia bakatnya d ips. yang penting orang itu cocok dijurusannya dan memaksimalkan hidunya dijurusan itu.. orang yang paling pandai adalah orang ang mengenal dirinya sendiri baik kekurangan maupun kelebihannya. dari pada sekedar gensi.

    Balas
  • 113. Miftahus Surur  |  Juni 5, 2012 pukul 9:33 am

    kenapa sih anak-anak IPS tu selalu di kebelakangkan, padahalkan anak IPS tu yang memegang pilar negara ?
    nasip-nasip .. . . . .

    Balas
  • 114. defi wirdah  |  Juli 2, 2012 pukul 7:17 pm

    ips ajeee

    Balas
  • 115. elchancassielfshawol96  |  September 10, 2012 pukul 8:23 pm

    IPA atau IPS itu bergantung pada bakat, minat dan kemauan^^
    kebetulan nilaiku lbh bagus ipa’ny dari kls 10

    Puji Tuhan aku sekarang masuk 11 IPA
    karena bakat aku lbh ke IPA, jadi nilai ku skrg bagus” sering 9 :)
    padahal wktu kls 10 rankQ cuma kisaran 10besar karena, nilai IPS ku anjlok… cuma 7-8… itu pun kadang” ngepek :p

    klo mapel IPA sih enggak :)

    Balas
  • 116. chika  |  Maret 23, 2013 pukul 4:51 pm

    kak mau tanya nih. ..
    soal ny aku bingung mau jurusan apa..

    dalam tes psikologi. .aku itu disaranin masuk jurusan bahasa atau jurusan ipa..hsil bahasa lbih besar,tpi ipa jga lmyn cuma beda satu. .

    baiknya masuk apa ya,kak?dan kalau kuliah fakultasnya apa saja ?
    terimakasih

    Balas
  • 117. snsdthebest  |  April 27, 2013 pukul 8:36 pm

    ipa maupun ips 22 nya mmg bagus, tp aku bingung mw pilih jurusan apa ?? scara aku blm tw kmampuan/klebihan aku dimana.. nilai ipa pas-pas an nilai ips juga pas-pas an (rata-rata lah mksd nya) -_-v

    tp aku gx suka ips coz suka ngantuk klu di terangin sama guru otomatis gx akan masuk kan bljr nya…. gx tw ngantuk krn plajaran nya gx tw krna guru nya yg boring…trus apa yg hrs aku pilih? di ipa pun aku takut nilai ku makin turun.. apalgi kta nya bnyak saingan..

    minat ku pgin ke ipa sih coz aku suka sm plajaran kimia n biologi..ke fisika kurang suka kyk nya kbanyakan rumus apa abjad smua itu -_- tp di ipa aku serius klu udh bljr, ya wlwpun nilai nya ttep rata” .. well, trus mnurut kalian-kalian aku hrs pilih yg mana ?? T_T ipa or ips??

    Balas
  • 118. rezki  |  Juli 11, 2013 pukul 3:24 pm

    bukan ips yang raja….. tetapi ipa…. jika di dunia ini tanpa org ipa kita nggak akan bisa memakai hp, komputer, gadget, laptop, mesin dsb….. kalo nggak ada ipa…. kita semua hidup seperti di alam rimba, siapa yg merancang pembangunan jalan????? siapa yg mengobati org sakit???? siapa menciptakan alat komunikasi hingga secanggih ini????? siapa yg menciptakan mobil, ac, pesawat, kapal???? pastilah org ipa…… jadi jangan bilang ipa budak…. ipa yg merajai dunia, tanpa org ipa gak akan bisa kita naik haji, ke kota2, mengenal apa itu dunia, dan antariksa dsb. jadi jangan bilang ipa hanya kerja sebagai budak……

    Balas
    • 119. Rega  |  September 22, 2013 pukul 9:23 pm

      setuju broo ,,anak IPS kerjanya cuma ngitungin uang anak IPA aja,,

      Balas
  • 120. Dicky Maulana  |  Oktober 26, 2013 pukul 7:14 pm

    walaupun saya anak IPA dan selalu rangking satu dan rata rata raport 93 biar kalian tahu, udah nilai pas-pasan ngina lagi dasar kalian si otak picik , tunjukin dong prestasi bukan cuma ngomong doang, saya beri konsep kepada anda semua orang yang berpikir sempit IPA berbandinglurus dengan IPS kenapa demikian karena seandainya IPTEK itu diciptakan oleh orang-orang IPA tanpa memperhatikan sudut pandang kesosialan maka hal tersebut mustahil tersosialisasikan pada masyarakat luas hal tersebut akan menimbulkan muntahan teknologi bagi dirinya sendiri, dan dapat menimbulkan interpretasi penilaian orang lain terhadap pencipta iptek SEBAGAI HAL YANG MUSTAHIL, SEHINGGA jika orang sudah tidak mempercayai hal demikian maka orang tersebut dapa dianggap GILA, kalian semua mengerti, jika kalian tidak mengerti klian semua yang menghina lebih tolol dari keledai. konsepnya pakai konsep perbandingan mekanika kuantum coba kalian coba. kalau kalian masih tak mengerti dengan perbandingan mekanika kuantum kalian yang menghina parah. ( mekanika kuantum pelajaran S2 mata kuliah Fisika Teknik, Informatika Teknik)

    jika kalian tidak percaya nilai saya saya bisa upload untuk kalian.
    jangan pernah merendahkan ilmu pengetahuan
    yang bisa menilai hanaya Allah semata.

    Balas
    • 121. Diana  |  Maret 26, 2014 pukul 7:04 pm

      :o
      Situ kenapa? Kok emosi kayak gitu sih? Aneh. kata-katanya kasar banget lagi. ak butu nilai kamu kok. Percuma dah kalo pinter tapi gak bisa jaga sikap dan tutur kata. Sombong!

      Balas
    • 122. Maharani Pangaribuan  |  Maret 26, 2014 pukul 7:16 pm

      Yaa. Yg harus diperbaiki itu sistemnya! Kalo gw jadi presiden, yg ipa yaa ipa aja biar gak tekong sana tekong sini. Sama aja kyk korupsi. Semua diembat. Pertama saya minta maaf sama yg ipa. Kalopun klian ipa, apa yg udh klian ksih k negara Indonesia kita tercinta ini? Bikin pesawat turbo? Ato alat penghilang penyakit? Ato apa? Benar memang klian pintar dibnding ips Tapi syangnya, itu bukan anda2! Setidaknya, anak ips membantu menaikkan perekonomian. Ada yg blng anak ips korupsi. Itu tergantung iman elo kalo liad duit! Gw gk anti ipa! Tapi gw prihatin anak ipa n anak ips yg berantem masalah ginian. Perbedaan itu indah. Saling melengkapi,guys! So, Peace (y)

      Balas
  • 123. Diana  |  Maret 26, 2014 pukul 7:01 pm

    Aku juga kalo masuk SMA bakal milih IPS. Tertama karena aku gak suka mapel IPA dan minat kerjanya ada di jurusan IPS :D

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Pelajar

Pelajarpun Boleh Bicara adalah sebuah blog yang dikhususkan bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk bicara bebas mengenai pendidikan. Jangan mau dijadikan kelinci percobaan pemerintah saja. Mari kita bicara!!!

Terbaca

  • 83,015 kali

Arsip

Pesan-Pesan

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: