Membaca Efektif dengan SQ3R

Agustus 1, 2007 at 8:49 pm 31 komentar

sq3r.jpg

Ada banyak metode membaca yang ditawarkan ilmuwan. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satunya yakni metode SQ3R. Metoda SQ3R memberikan strategi yang diawali dengan membangun gambaran umum tentang bahan yang dipelajari, menumbuhkan pertanyaan dari judul/subjudul suatu bab dan dilanjutkan dengan membaca untuk mencari jawaban dari pertanyaan.

Membaca dengan metoda SQ3R terdiri atas lima tahapan proses yaitu :

  1. Survey atau meninjau
  2. Question atau bertanya
  3. Read atau membaca
  4. Recite atau menuturkan
  5. Review atau mengulang

Lima Tahap Metoda SQ3R

1. SURVEY

Dengan melakukan peninjauan dapat dikumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit. Apa yang ditinjau?

Baca Judul Hal ini dapat membantu untuk memfokuskan pada topik bab
Baca Pendahuluan Memberikan orientasi dari pengarang mengenai hal-hal penting dalam bab
Baca kepala judul/subbab Memberikan gambaran mengenai kerangka pemikiran
Perhatikan grafik, diagram Adanya grafik, diagram dan gambar ditujukan untuk memberikan informasi penting sebagai tambahan atas teks
Perhatikan alat Bantu baca Termasuk huruf miring, definisi, pertanyaan di akhir bab yang ditujukan untuk membantu pemahaman dan mengingat.

2. QUESTION

Setelah kerangka pemikiran suatu bab diperoleh, mulai perhatikan kepala judul/subbab yang biasanya dicetak tebal. Perhatikan kepala judul ini satu per satu dan ubah kepala judul ini jadi beberapa pertanyaan.

Tulislah pertanyaan-pertanyaan itu pada suatu kolom dengan lebar 1/3 halaman kertas dan kolom sisanya untuk jawaban yang diperoleh selama membaca. Misalkan kita membaca buku tentang “Belajar di SMA” dan kepala judulnya adalah “Manfaatkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolahmu”. Pertanyaan yang dapat kita mundulkan adalah “Mengapa kita harus memanfaatkan kegiatan ekstrakurikuler?” dan “Bagaimana caranya kita bisa ikut terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler?”.

3. READ

Dengan membaca, kita mulai mengisi informasi ke dalam kerangka pemikiran bab yang kita buat pada proses Survey. Bacalah suatu subbab dengan tuntas jangan pindah ke subbab lain sebelum kita menyelesaikannya. Pada saat membaca, kita mulai mencari jawaban pertanyaan yang kita buat pada Question. Tuliskan jawaban yang kita peroleh dengan dengan kata-kata sendiri di kertas yang pada 2/3 kolom yang disiapkan.

Ingat, Jangan Membaca di Tempat Tidur !!

s9-3.jpg

4. RECITE

Pada umumnya kita cepat sekali lupa dengan bahan yang telah dibaca. DenganĀ  melakukan proses Recite ini kita bisa melatih pikiran untuk berkonsentrasi dan mengingat bahan yang dibaca. Proses ini dilakukan setelah kita menyelesaikan suatu subbab.

Cara melakukan Recite adalah dengan melihat pertanyaan-pertanyaan yang kita buat sebelum membaca subbab tersebut dan cobalah jawab pada selembar kertas tanpa melihat buku.

5. Review

Review membantu kita untuk meyempurnakan kerangka pemikiran dalam suatu bab dan membangun daya ingat kita untuk bahan pada bab tersebut. Proses ini dapat dilakukan dengan membaca ulang seluruh subbab, melengkapi catatan atau berdiskusi dengan teman. Cara Review yang terbukti efektif adalah dengan menjelaskan kepada orang lain.

Fuiiih,,,,, cape akhirnya beres juga tired

About these ads

Entry filed under: Info, Umum. Tags: .

Indonesia Kembali Berjaya di Olimpiade Sains Internasional Selamat Bagi yang Lulus SPMB !!

31 Komentar Add your own

  • 1. almascatie  |  Agustus 2, 2007 pukul 12:04 pm

    wadaw…. bagus sekali .. makasih.. dari dulu aku ga pernah perhatikan cara baca maupun metodenya… apalagi tuh larangannya, “boleh baca sambil tidur” adalah kesukaan atau hobiku yang paleng sippp sejak kecil hehehehhe

    Balas
  • 2. deKing  |  Agustus 2, 2007 pukul 9:31 pm

    Mantap nich bro Purmana….
    Ditunggu terus tips2 selanjutnya…
    Maju terus pelajar Indonesia…maju terus pendidikan Indonesia. Amien

    Balas
  • 3. purmana  |  Agustus 3, 2007 pukul 7:43 pm

    [at] almascatie

    Kayaknya baca larangannya salah deh… :D

    [at] deking

    Makasih dah mampir pak, insya Allah saya akan terus mencari bahan tips2 belajar yang efektif dan efisien. Itu sudah saya beri porsi tersendiri pada blog saya…

    Balas
  • 4. masud  |  Agustus 9, 2007 pukul 1:57 pm

    Aduh, hatur nuhun pisan atuh tos bagi-bagi elmu.
    M. Mas’ud
    SD Muhammadiyah Bodon Kotagede
    Banguntapan bantul Yogyakarta

    Balas
  • 5. peyek  |  Agustus 9, 2007 pukul 10:05 pm

    bener-bener mencerahkan

    Balas
  • 6. nofa  |  Oktober 29, 2007 pukul 1:53 pm

    baguuss….!nambah pengetahuan gitu…!

    Balas
  • 7. IrA...  |  Desember 7, 2007 pukul 10:28 am

    BgUs BgT,,,n BrmNfAAt BgT BwT yANG BLm Tw jD Tw DwECh,,

    Balas
  • 8. Abror IRM Medan  |  Desember 12, 2007 pukul 3:07 pm

    Tulisan yang anda buat bagus sekali tapi sayang sedikit sekali anak bangsa ini yang mau mempraktekkannya. Jangankan meluangkan waktu untuk membaca, mendengarkan saja pun terkadang sudah sulit. Kita perihatin liat bangsa ini yach, kenapa di jepang sampai ada orang yang memanfaatkan waktunya buat membaca sekalipun mereka berada di toilet…

    Balas
  • 9. zoel  |  Mei 30, 2008 pukul 7:09 pm

    mudah untuk di pelajari

    Balas
  • 10. purhendi  |  Juni 5, 2008 pukul 12:58 pm

    tks. ini juga buat bahan saya mengajar.

    Balas
  • 11. Mufid  |  Juni 16, 2008 pukul 5:14 pm

    Wow bagus sekali! Makasih udah posting :) izin bookmark yah..

    Balas
  • 12. yanthie  |  Juli 28, 2008 pukul 8:41 am

    makasih yah atas postingannya, soalnya saya lagi perlu banget nih,

    salam kenal
    by yantntie

    Balas
  • 13. Owen  |  Oktober 16, 2008 pukul 7:16 am

    Makassih sekali, berkat ini saya bisa belajar membaca efektif

    Balas
  • 14. rita  |  Oktober 18, 2008 pukul 6:28 pm

    aku tertarik dengan metode ini, dan aku akan jadikan acuan tuk penyusunan skripsiku, kira-kira ada buku khusus yang membahas metode ini tidak ? kalau ada aku tertarik tuk membelinya
    thank

    Balas
  • 15. eri  |  Desember 16, 2008 pukul 11:40 am

    aku ingin bisa memaca dengan cepat, tepat dan dapat pemahaman yang akurat truz gmn crnya ya.
    maka gk ad salahnya mngkin aq coba hbngi tw submit ke website ini… moga bisa n mudah.

    Balas
  • 16. eri  |  Desember 16, 2008 pukul 11:44 am

    mungkin uintuk lebih nya saya ucapkan nyak trima kasih… n klw bisa kirim terus trik-trik belajar dan membaca dengan efektif, cepat, efisien dan tepat…

    Makasiiiih……….

    Balas
  • 17. choewey  |  Desember 25, 2008 pukul 9:58 am

    slm kenal mas yuka…….
    aq mau tanya mas, SQ3R itu ada g ya kelemahannya?
    aq lag skripsi neh, aku ambil judul tentang SQ3R, trus dosen aq nanya kelemahan dari SQ3R..
    aq g tau mas, aq udh cri2 kemana-mana tp g ktmu..
    aq minta bntuannya y mas..
    thanks…

    Balas
  • 18. armaina  |  Januari 31, 2009 pukul 11:06 pm

    tolong kasi bibliografinya dong…
    mudah untuk merujuk

    Balas
  • 19. rika mardiaani  |  April 27, 2009 pukul 9:56 am

    makacih ya tapi sebelumnya aku mau nanya neh apakah metode ne emang efekif dari metode sebelumnya

    Balas
  • 20. nia purnamasari  |  Mei 17, 2009 pukul 7:12 pm

    teks ini buat tugas saya,,,bagus banget,,,masi ada kelanjutannya ga?

    Balas
  • 21. danie  |  Mei 22, 2009 pukul 4:19 pm

    aq3r,gue banget.aku juga ambil skripsi ptk dengan mtode itu.ada yang pengen berbagi info,silahkan kirim ke emailku.danieardiant@yahoo.com

    Balas
  • 22. razor  |  Juni 15, 2009 pukul 1:09 pm

    salam kenal semuanya saya uacapkan terimakasih atas adanya pelayanan tentang semua pelajaran semoga sukses selalu……..!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Balas
  • 23. kadek  |  Juni 30, 2009 pukul 10:26 pm

    ada kelemahan SQ3R nggak? di suruuh nyari ama dosennya lom ketemu2 tolong di bantu ya

    Balas
  • 24. aq tok  |  Agustus 10, 2009 pukul 8:47 am

    wih… makasih yow…. mbantu tugas nih…ha.ha.ha.ha.ha

    Balas
  • 25. dede  |  Agustus 28, 2009 pukul 11:17 am

    seberapa besar sih minat baca siswa dengan metode SQ3R ne???
    lo da pnya data na baguz na di lengkapin aza….

    Balas
  • 26. syifa  |  November 4, 2009 pukul 7:49 pm

    ini jdul skripsiku lhooo….

    Balas
  • 27. zakii  |  Januari 15, 2010 pukul 3:32 pm

    wah ini tugas gw.. tq yaa…

    Balas
  • 28. asep mulud  |  April 6, 2010 pukul 6:41 am

    mksh kang, and klo boleh b’statement, jika ust. yusuf mansur mengjarkn bngsa ni untuk b’sedekah maka mari qt sma2 ajarkan bngsa ne untuk membaca… spirit to read…

    Balas
  • 29. duden  |  September 29, 2010 pukul 6:30 am

    makasih…….
    pa gmna kita sudah melaksanakan cara yang seperti itu tapi klo masih sukar dalam memahami sebuah bku apakah kita harus terus-terusan mengulanginya atau cukup saja……

    Balas
  • 31. Fabian Schultz  |  Juni 18, 2013 pukul 8:55 pm

    Metoda SQ3R memberikan strategi yang diawali dengan membangun gambaran umum tentang bahan yang dipelajari, menumbuhkan pertanyaan dari judul/subjudul suatu bab dan dilanjutkan dengan membaca untuk mencari jawaban dari pertanyaan. Metode ini, memang bukan yang paling cepat untuk memahami suatu bab dalam buku, namun keunggulannya yaitu tingkat pemahaman yang akan temen2 peroleh diharapkan akan lebih mendalam karena kita membaca dengan aktif sehingga proses membaca lebih efektif & efisien. Ada lima tahapan proses dalam membaca dengan metode SQ3R ini, yaitu : 1. Survey atau meninjau 2.

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Pelajar

Pelajarpun Boleh Bicara adalah sebuah blog yang dikhususkan bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk bicara bebas mengenai pendidikan. Jangan mau dijadikan kelinci percobaan pemerintah saja. Mari kita bicara!!!

Terbaca

  • 90,637 kali

Arsip

Pesan-Pesan

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: