KETIDAKADILAN GURU DAN SISWA

Juli 13, 2007 at 9:19 pm 2 komentar

Teman-teman, tentu kalian sering dimarahi oleh guru, baik itu gara-gara kalian menyontek, terlambat masuk kelas, tidak mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Hal seperti itu wajar kita terima akibat dari kesalahan kita dan memang guru-pun wajib mendidik (bukan hanya mengajar) murid-muridnya.

Murid salah, ada guru yang memarahi dan memperbaiki kesalahan mereka. Bagaimana kalau guru yang salah??? Apakah murid bisa memarahi guru, atau apakah murid bisa mendidik gurunya? Kalaupun bisa apakah guru mau dididik oleh muridnya?

Sungguh aneh apabila murid telat masuk kelas lalu dihukum, tetapi bila guru telat masuk mengajar bahkan bolos mengajar tak ada hukuman bagi mereka. Bagaimana murid-murid bisa meneladani gurunya bila kualitas gurunya saja belum memadai. Bahkan ada berita yang menyatakan bahwa angka bolosnya guru di Indonesia mencapai 19% dan itu adalah peringkat 3 besar dunia…!!

Memang ada alasan dibalik semua ini, yaitu rendahnya gaji guru yang mengakibatkan semangat mengajar-pun akan rendah pula. Para guru banyak yang terpaksa bolos mengajar demi mendapat penghasilan di luar profesinya sebagai guru. Permasalahan ini adalah permasalahan besar tetapi pada kenyataannya pemerintah belum mau menyelesaikan ini semua.

Bila hal ini dibiarkan berlarut-larut maka saya jamin pendidikan Indonesia akan semakin buruk dan tertinggal dari negara lain. Kita bisa melihat turunnya kualitas pendidikan kita mulai dari semakin maraknya tindakan mencontek (sampai-sampai anak kelas 3 SD-pun sudah terbiasa mencontek) hingga membocorkan soal Ujian bahkan soal Ujian Nasional, lalu sikap murid kepada gurunya yang terkesan kurang sopan, para siswa semakin malas belajar dan lebih mementingkan kegiatan ekstrakurikuler, semakin buruknya cara berpakaian siswa, dan lain sebagainya.

Teman-teman sekalian, bagaimanapun tingkah lagu guru kita kita harus tetap menghargai mereka layaknya menghargai orang-tua kita sendiri. Dengarkan apa yang mereka katakan dan praktikanlah di kehidupan sehari-hari, berilah mereka kebanggaan dengan kesuksesan yang kita dapatkan.

Entry filed under: Umum. Tags: .

Tips Memilih Jurusan di PTS IPA versus IPS

2 Komentar Add your own

  • 1. deKing  |  Juli 14, 2007 pukul 1:13 am

    Bagaimana kalau guru yang salah??? Apakah murid bisa memarahi guru, atau apakah murid bisa mendidik gurunya? Kalaupun bisa apakah guru mau dididik oleh muridnya?

    Ya…sistem supervisi pelaksanaan pendidikan di negara kita masih lemah…selemah sistem pendidikan kita secara general.
    *maaf, saya bisanya cuma mengkritik hehehe*
    Kalau guru tidak ada yang mengontrol dan menyupervisi maka “arogansi” bs merepotkan pelaksanaan proses pendidikan yang ada

    Balas
  • 2. adji  |  Juli 19, 2007 pukul 9:56 am

    Mengapa kualitas guru kurang? Karena saat ini bibit2-nya pun jelek, kita lihat pada Passing-Grade SPMB setiap tahunnya, PG UPI termasuk yang paling rendah dan sangat mudah masuknya!

    Sedangkan yang ‘pintar-pintar’ lebih memilih ke ITS, UGM, ITB, UI, UNPAD, dsb.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Pelajar

Pelajarpun Boleh Bicara adalah sebuah blog yang dikhususkan bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk bicara bebas mengenai pendidikan. Jangan mau dijadikan kelinci percobaan pemerintah saja. Mari kita bicara!!!

Terbaca

  • 129,149 kali

Arsip

Pesan-Pesan

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

%d blogger menyukai ini: