Tips Memilih Jurusan di PTS

Juli 13, 2007 at 7:35 pm 16 komentar

Pada umumnya siswa yang telah lulus dari SMA, SMEA, SMK dan jenjang sederajat lainnya akan melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri / PTN maupun Perguruan Tinggi Swasta / PTS. Pada perguruan tinggi terdapat penjurusan mahasiswa berdasarkan subyek mata kuliah yang diambil. Setiap jurusan memiliki materi dan sifat pembelajaran yang berbeda-beda. Jurusan yang memiliki sifat yang serupa akan digabung dalam suatu fakultas, akademi, sekolah tinggi, dan lain sebagainya.

Memilih jurusan kuliah bukan urusan yang mudah dan bukan persoalan yang sepele. Banyak faktor yang harus diperhitungkan dan dipikirkan masak-masak. Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal mulai dari kesadaran yang terlambat bahwa jurusa yang diambil tidak sesuai dengan kepribadian sampai pada drop out / DO atau dikeluarkannya seorang mahasiswa / mahasiswi karena dinyatakan tidak mampu mengikuti pendidikan yang diikutinya. Maka dari itu pemilihan jurusan sedini mungkin harus mulai dipertimbangkan. Salah pilih jurusan merupakan bencana dan kerugian yang besar bagi anda di masa depan.

Cara milih jurusan di Perguruan Tinggi yang baik :

1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat

Bagi yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jrurusan apa yang dapat membawa menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan tersebut. Janganlah memilih jurusan teknik geodesi jika anda ingin menjadi seorang dokter ahli kandungan dan jangan pula memilih jurusan sastra jawa jika bercita-cita menjadi polisi.

Sesuaikan jurusan yang ingin diambil dengan minat dan bakat. Jika tidak menyukai hitung-hitungan janganlah mengambil jurusan matematika dan jika tidak menyukai menggambar jangan mengambil jurusan teknik sipil. Kemudian lihat bakat anda saat ini. Mengembangkan bakat yang sudah ada disertai dengan rasa suka dan cita-cita pada suatu jurusan studi akan menjadi pilihan yang tepat.

2. Informasi yang Sempurna

Carilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan. Cari dan gali informasi dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, konsultan pendidikan, kakak kelas, teman mahasiswa, profesional, dan lain sebagainya. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi atau ikut-ikutan teman / trend.

Internet juga merupakan media yang tepat dan bebas untuk bertanya kepada orang-orang di dalamnya tentang apa yang ingin kita ketahui. Cari situs forum atau chating melalui messenger dengan orang yang dapat dipercaya. Semua informasi yang didapat dirangkum dan dijadikan bahan untuk membantu memilih jurusan.

3. Lokasi dan Biaya

Bagi orang yang hidup dalam ekonomi atas, memilih jurusan tidak akan menjadi masalah. Biaya yang nantinya harus ditanggung dapat diselesaikan dengan mudah baik dari pengeluaran studi, biaya hidup, lokasi tempat tinggal, dan lain sebagainya. Bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan.

Jika dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikan tidak terlalu tinggi. Jika dana yang ada nanti belum mencukupi, maka carilah beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu / freelance atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan dana anda. Jangan jadikan pula uang sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan anda.

4. Daya Tampung Jurusan / Peluang Diterima

Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS favorit. Pada umumnya memiliki kuantitas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang. Jangan membebani diri anda dengan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit. Anda bisa stres jika kehendak anda tidak terpenuhi. Buat banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya.

Ukur kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit. Adanya seleksi masal yang murni seperti UMPTN, SPMB, Sipenmaru dan lain sebagainya dapat menjegal masa depan studi anda jika tidak persiapkan dan diperhitungkan matang-matang. Pelajari soal-soal seleksi dan ikuti ujian try out sebagai percobaan anda dalam mengukur kemampuan yang anda miliki.

Namun jangan terlalu minder dengan hasil yang didapat. Jika pada SPMB ada 2 jurusan yang dapat dipilih, pilih satu jurusan & tempat yang anda cita-citakan dan satu jurusan lain atau lokasi lain yang sesuai atau sedikit di bawah kemampuan anda.

5. Masa Depan Karir dan Pekerjaan

Lihatlah ke depan setelah anda lulus nanti. Apakah jurusan yang anda ambil nanti dapat mengantar anda untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya menganggur tidak bekerja. Tidak hanya orang dari jurusan tertentu saja yang dapat bekerja pada suatu profesi, karena saat ini rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan saja, namun juga pengalaman. Tetapi jika kompetensi, keberanian dan kemampuan anda jauh dari orang-orang normal, maka jurusan apapun yang anda ambil sah-sah saja.

Biarkanlah hati dan akal sehat anda bicara tanpa adanya campur tangan dari orang lain. Konsultasikan dengan orang tua dan orang lain yang anda percayai. Pemilihan jurusan kuliah sangat menentukan masa depan anda. Selamat berjuang.

(diambil dari : http://organisasi.org/tips-cara-memilih-jurusan-kuliah-di-perguruan-tinggi-yang-baik-panduan-siswa-siswi-smp-dan-sma )

Entry filed under: Artikel, Umum. Tags: .

UN 2008 Belum Pasti Ada KETIDAKADILAN GURU DAN SISWA

16 Komentar Add your own

  • 1. tiul  |  Juli 16, 2007 pukul 7:59 pm

    wokey mas!
    ^^,

    Balas
  • 2. fuKz...  |  Juli 19, 2007 pukul 10:39 am

    yang paling penting tuh nomor 5

    lo sekolah emang buat nimbun gelar???

    Gelar gak bisa dimakan, kalo uang bikin bahagia

    Balas
  • 3. y03d  |  Juli 19, 2007 pukul 5:38 pm

    @ fukz..

    Kalau sekolah cuma buat nyari uang,,,
    mendingan gak usah sekolah…

    Jadi gi**lo atau koruptor aja…!! Kan bisa cepet kaya,,!!

    Balas
  • 4. yunda  |  September 11, 2007 pukul 1:23 pm

    aq msh kls 2 sma c.. tp binun tar mw msk jurusan apa pz kuliah..
    cita2 aq mo jd guru.. ku sk pljrn itung2an.. jd kr2 aq msk fakultas ap yah?? trus klo kul d UI bs jd guru ga ya?? ato yg mw jd guru cm bs d UNJ aj??

    Balas
  • 5. ana_bebe  |  Januari 10, 2008 pukul 2:21 pm

    aku udah kelas 3 sma ni…aku masih bingung mau masuk mana…..
    aku suka itung2ngan n ngerawat anak kecil….kluarga nyuruh masuk FKIP tapi aku gak suka jadi Guru…Jadi gmn donkkk??

    Balas
  • 6. Uwi_ichiko  |  Januari 26, 2008 pukul 1:40 pm

    pilih jurusan? itu mank ribet…apalagi klo buanyak pllihan! buanyak keinginan! to say is easy…but, faktanya? perlu perenungan bgtzzz..klo ortu nyaranin ini, tmen nyaranin itu, kt sndr ini itu..gnmna biar g’ ribet???

    Balas
  • 7. son1  |  Maret 8, 2008 pukul 5:15 pm

    gw bingung ne abis tamat smk mau lanjut jurusan apa gitu!!!!!!g pengen si lanjut bahasa inggris,tapi guru gw bilang jgn coz susah cari kerja katanya,gw gk suka pelajaran itungan

    Balas
  • 8. son1  |  Maret 8, 2008 pukul 5:15 pm

    sarannya donk thanks

    Balas
  • 9. Mitha  |  Mei 12, 2008 pukul 10:07 pm

    iya nih Q juga bingung mw pilih jurusan yang mana…
    Jujur sebenarnya Q belum tw bakat Q ada dibidang apa
    Ada yg bilang Q cocok dibdg Kedokteran, tapi papa Q gk setuju katanya Q lebih cocok di bidang Tek.Industri.
    So, please help me???

    Balas
  • 10. novy  |  Juni 7, 2008 pukul 12:36 pm

    jurusan apa yg bkin bnyak duit??

    Balas
  • 11. dion  |  Juni 30, 2008 pukul 5:28 pm

    gini.. aku mau ngambil jurusan bahasa dan sastra inggris tapi aku blm punya dasar. yg ada hnya tekak dan keinginan.apa yang harus aku lakukan sekarang yach

    Balas
  • 12. The TRL xXx  |  Agustus 22, 2008 pukul 11:12 am

    Menurut Gw, Kita Harus Melihat 2 Aspek Penting dalam menentukan Jurusan Di PT, yaitu :

    * Minat dan Kesukaan Kita
    Minat dan Kesukaan adalah HAL YANG PALING PENTING dalam memilih APAPUN tak terkecuali Jurusan

    * Prospek Jurusan
    Kita Harus mengetahui dengan Jelas Prospek jurusan yang akan kita pilih untuk berkarir di kemudian hari.

    OK, itu aj Tanggapan Gw… GOOD LUCK YoO!!

    Balas
  • 13. mpie  |  Oktober 15, 2008 pukul 2:50 pm

    Waduh waduh. . . .

    Binun euy mao ambil jurusan apz. . . .

    Pdhal ckrg aquwh uda laz 3zMA..

    Balas
  • 14. yezmi  |  Oktober 26, 2008 pukul 6:25 pm

    Gw bInGuNg nEy bIz tMaT sMa mW NgElANjUtIn k mAnA??
    gW SuKa baNgEt mA KoMpUtEr,,
    TaPi kaTa aBaNg gW jGn Lu tUw ceW jGn nGaMbiL IT,,
    trUz Gw jDI BiNgUnG mW AmBiL ApA,,
    SeDaNgKaN Gw gAg sUkA NgItUNG..
    kAsI SRaN DuNg BwT gW………..
    pLeAse???

    Balas
  • 15. asfa  |  Januari 14, 2009 pukul 1:39 pm

    emm kalo menurutku yang pertama yang harus saya pikirkan adalah bagaimana peran serta yang dapat saya berikan kepada masyarakat dari jurusan yang kelak akan saya pilih…
    menegakkan dien itulah TU dan urusan dunia tentu akan ngikut

    jangan lupa juga ridlo Allah karena ridlo ortu, jasi amanat ortu ke kita jangan sampai saya lipakan dan semampunya dilaksanakan (bila tidak melanggar larangan Allah)

    sedikit dari saya semoga bisa membantu…

    Balas
  • 16. fidia  |  November 3, 2009 pukul 9:17 pm

    iy nich,q jg psing mo mlih fak ap
    ya walaupun q msh sethn lg lu2s dr SMA tp q skrg uda mikir2 mo plih jrsan ap

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Pelajar

Pelajarpun Boleh Bicara adalah sebuah blog yang dikhususkan bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk bicara bebas mengenai pendidikan. Jangan mau dijadikan kelinci percobaan pemerintah saja. Mari kita bicara!!!

Terbaca

  • 129,149 kali

Arsip

Pesan-Pesan

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

%d blogger menyukai ini: