Belajar Bahasa Indonesia Yuk..! (Bagian 2)

Juli 21, 2007 at 8:30 pm 16 komentar

BAB II (Tata Tulis)

A. Huruf Kapital

  • Pada awal kalimat : Ibu pergi, Ayah berkata, “Jangan pulang sekarang!”
  • Untuk nama (orang, agama, tuhan, tempat, lembaga, dokumen resmi, buku, dsb.) : Khaerul Anwar, Islam, Allah, hamba-Mu, Sungai Citarum, Undang-Undang Dasar ’45, Siti Nurbaya, dsb.
  • Untuk sapaan/pengacuan : Anda, Saudara, Hari itu Bupati meresmikan pembangunan jembatan, dsb.
  • Gelar/Pangkat + nama : Raden Mas Suratman, Kiai Muhammad Amir, Kopral Jono, Haji Komar, dsb.
  • Jabatan + nama orang : Walikota Dada, Presiden SBY, Menteri Perindustrian.

B. Huruf Miring

  • Nama buku, majalah, surat kabar yg dipakai dalam kalimat : Ia membaca Kompas. Bacalah Layar Terkembang, dsb.
  • menegaskan kata, bagian kata, frase : Dia bukan menipu, tetapi ditipu.
  • Nama ilmiah/ungkapan asing : devide et impera, marginal costs, way of life, dsb.

C. Kata Ditulis Terpisah

  • Kata tugas: di mana, ke sana, ke samping, di antara, dsb.
  • Kata gabung: duta besar, rumah sakit, rumah bersalin, toko kelontong,dsb.

D. Kata Ditulis Memakai Tanda Penghubung (-)

  • Kata ulang  : meja-meja, dewi-dewi
  • Dapat menimbulkan salah tafsir : ibu-bapaknya, lima karung-semen, dsb.

E. Angka Arabi

  • Dipakai untuk waktu, kuantitas : 15 km, pk. 05.30, 200 jam, 1.500 orang, Jumlah peserta tes masuk SMP 2 sebanya 1.250 orang.
  • Nomor : Kamar 13, no. tes : 07543312, Dalam lomba ‘Indonesian Idol’ saya kebagian tampil ke-1022.

F. Angka Romawi

  • Untuk bilanganbertingkat : Paku Buono XI (ke-11)

G. Penulisan Kata Serapan

  • Tidak berubah : shuttle cock (ditulis dengan huruf miring)
  • Adaptasi : hidraulics -> hidraulik, phisiology-> fisiologi, cartoon -> kartun, athlete -> atlet, dsb.

H. Penulisan Singkatan

  • nama orang, sapaan, jabatan, atau pangkat dan harus diikuti dengan tanda titik: Wahyu S.H., Drs. Guntur Mt., Sdr., Gub., Rd., dsb.
  • Yang terdiri dari huruf awal tanpa titik : DPR, ABG, KTP, SIM, dsb.
  • Akronim (bukan nama) tanpa titik : cm, dm, km, ha, kg, dsb.
  • Ungkapan kata yang sudah umum diikuti titik: dsb., dlsb., dkk., sda., a.n.

Pada bab selanjutnya kita akan membahas tentang Tanda Baca.

Entry filed under: Belajar. Tags: .

MATIKAN TV… SATU HARI SAJA !!!!! Info Jurusan PT : TEKNIK MATERIAL, APA ITU?

16 Komentar Add your own

  • 1. deking  |  Juli 21, 2007 pukul 9:15 pm

    Hmmm mantap.
    Thanx atas pengetahuannya.
    Baru tahu saya kalau yang benar adalah lima karung-semen, bukannya lima karung semen. Iya ya…kalau lima karung semen nanti dikira yang ada lima itu karung semennya, alias karung kosong sebanyak lima.
    Ah sepertinya untuk menghindari kesalahpahaman tulis saja semen (sebanyak) lima karung hehehe

    Balas
  • 2. maztikno  |  Juli 22, 2007 pukul 11:20 am

    Jadi inget waktu SD dulu..hik-hik
    Sip-sip…
    Malah di perkuliahan gak dapet ginian…..

    Balas
  • 3. andr10  |  Juli 22, 2007 pukul 11:44 am

    bagus banget, yang ini baru namanya orang yang mengerti tentang artinya pendidikan ……thanks

    Balas
  • 4. purmana  |  Juli 22, 2007 pukul 4:26 pm

    Oh ya, ada satu kesalahan yg sering terjadi dalam penggunaan angka Arabi ( 0,1,2,3,…) :

    Untuk menyatakan jumlah halaman buku :

    Buku Yellow Pages memiliki jumlah halaman 1.850

    angka 1.850 memakai titik untuk menunjukkan ribuan

    Sedangkan untuk menunjukkan posisi halaman :

    Nomor untuk wilayah Bandung Timur ada pada halaman 1200

    angka 1200 tidak memakai titik karena tidak menunjukan kuantitas

    Terima Kasih…

    Balas
  • 5. deKing  |  Juli 22, 2007 pukul 5:54 pm

    Bro, informasi terbaru yang terakhir itu (angka arabi dengan titik untuk jumlah dan tanpa titik untuk urutan) mungkin lebih baik jika dimasukkan ke artikel sekalian.
    Sayang kalau informasi mantap ini terlewatkan oleh pengunjung yang tidak membaca komentar.
    BTW bener2 mantapz…thanx atas ilmunya

    Balas
  • 6. rickisaputra  |  Juli 22, 2007 pukul 11:45 pm

    mau diterusin ampe part berapa nih pelajarannya??
    mmhh.. kalo diteruskan, bisa jadi buku bahasa indonesia donk ya..

    semangat yah.
    regards,

    Balas
  • 7. purmana  |  Juli 23, 2007 pukul 7:42 am

    [at] deking
    Sebenarnya dah diulis tuh di sub-bab E, tapi kurang jelas sih. Nanti ta’edit lagi…

    [at]rickisaputra
    Sampe… sampe kapan ya???🙂
    Mungkin sampe bahasannya abis aja,,,,

    Makasih dah mampir ya😀 😀

    Balas
  • 8. cK  |  Juli 23, 2007 pukul 6:44 pm

    asiiiikk…sekalian request Ejaan Yang Disempurnakan donk😀

    *ditimpuk karena minta macem-macem*

    Balas
  • 9. purmana  |  Juli 23, 2007 pukul 7:20 pm

    [at] cK
    Insya Allah saya akan bahas di bab-bab selanjutnya…

    (gak ko, gak akan ditimpuk😀 )

    Balas
  • 10. purmana  |  Juli 23, 2007 pukul 7:22 pm

    Oh iya, neng cK bahasan yang disini juga dah termasuk dari Ejaan Yang Disempurnakan kok…

    Karena EYD tuh mengubah banyak aspek dari Bahasa Indonesia kita.

    Balas
  • 11. adine  |  Juli 24, 2007 pukul 9:00 pm

    Wih, mantap bener, uraiannya!🙂

    Teruskan, Mas Bro!
    Saya senang sekali ada yg beginian.
    Btw bagian ke-1-nya mana, nih? Saya terlambat rupanya…

    Salam hangat🙂

    Balas
  • 12. purmana  |  Juli 24, 2007 pukul 9:06 pm

    [at] adine

    Liat aja di kategori belajar mas!!🙂
    Makasih dah mampir ya,,,😀

    Balas
  • 13. suprie  |  Agustus 1, 2007 pukul 10:58 am

    waduh…jd inget waktu SD Mas….!!! klik blog Ane…Ada kuliah BEASISWA gratiss!!!

    Balas
  • 14. kurnia sari  |  September 28, 2007 pukul 6:30 pm

    Bab selanjutnya kapan nih….?

    Dari kemaren kok gak ada yang baru….!!

    Balas
  • 15. Ayus Darusman  |  November 21, 2007 pukul 8:10 pm

    waw, jadi inget wktu SD nich

    Balas
  • 16. гей интим знакомства  |  Desember 18, 2009 pukul 4:35 pm

    и всё эе: благодарю!!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Pelajar

Pelajarpun Boleh Bicara adalah sebuah blog yang dikhususkan bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk bicara bebas mengenai pendidikan. Jangan mau dijadikan kelinci percobaan pemerintah saja. Mari kita bicara!!!

Terbaca

  • 129,149 kali

Arsip

Pesan-Pesan

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

%d blogger menyukai ini: