Saat Paling Krusial di Masa Pendidikan

Juli 27, 2007 at 8:16 pm 4 komentar

Mungkin kita berpikir bahwa saat-saat krusial bagi seorang siswa adalah saat kelas 3 SMA yaitu saat mereka akan menghadapi SPMB yang akan menentukan jalan hidupnya kelak. Tapi sebenarnya ada satu saat dimana kita benar-benar berada di sebuah ‘dunia baru’ dalam kehidupan kita dan juga sebagai saat yang rawan bagi perkembangan kepribadian kita. Saat itu adalah Kelas Satu SMP.

Ada beberapa alasan mengapa saya memilih kelas satu smp sebagai saat-saat rawan bagi kita :

  1. Kita sudah mulai merasa dewasa, biasanya terlihat saat anak sudah beralih dari seragam merah ke seragam biru maka anak itu cenderung lebih susah diatur dan mulai menjauh dari kehidupan keluarganya. Hal ini tentunya wajar namun para orangtua hendaknya tetap memerhatikan perkembangan anaknya tetapi jangan pula terlalu dikekang.
  2. Kita mulai menyukai lawan jenis, dalam bahasa sunda biasa disebut beger. Hal ini-pun tentunya wajar namun di sinilah sebenarnya ujian dimulai bagi para anak-anak yang mulai baligh tersebut. Pada saat ini mereka dituntut agar bisa membedakan mana perbuatan yang baik dan yang buruk, yang bermanfaat dan yang menjerumuskan, dan tentunya yang diperbolehkan dan yang dilarang oleh agama. Biasanya anak-anak usia ini mulai berani menyatakan ikrar pacaran mereka. (Subhanallooh wong ‘itu’-nya aja masih segede sedotan dah berani pacaran ya??:mrgreen: ). Hal ini-pun harus diperhatikan dengan serius oleh para orangtua agar anak-anak mereka tidak terjerumus terlalu jauh (terutama yang anak wanita).
  3. Kita mulai mengenal budaya mencontek, sebenarnya sekarang budaya ini sudah mewabah sejak SD, namun tetap saya cantumkan sebab keberanian kita saat smp sudah semakin besar ditambah mungkin rasa malas belajar akibat terlalu ketatnya sistem pengajaran menambah alasan bagi mereka untuk melakukan tindakan ‘bodoh’ ini.
  4. Pengajaran agama biasanya diberhentikan, pengajaran agama yang dimaksud bukan mata pelajaran agama di sekolah yang hanya 2 jam per satu minggu. Namun yang dimaksud adalah pengajaran agama khusus yang diberikan baik itu dari orangtua langsung atau dari tempat-tempat ngaji di sekitar rumah mereka. Memang tak semuanya mengalami hal seperti ini. Hal ini tentunya sangat berbahaya, sebab dasar-dasar akhlak yang sudah ditanam semenjak kecil dikhawatirkan akan sedikit demi sedikit pudar akibat terhentinya pengajaran agama ini yang merupakan kebutuhan rohani setiap individu.
  5. Kita mulai mengenal dan mencoba rokok, bila dilakukan survei mungkin hampir seluruh pria maupun wanita memulai aktivitas merokoknya saat mereka duduk di bangku smp. Mungkin karena sikap ‘merasa dewasa’ mereka mulai tumbuh dan mulai mencoba-coba apa yang sering dilakukan oleh orang dewasa (dalam hal ini bukan hanya rokok) ditambah dengan mulai longgarnya pengawasan dari orangtua yang menganggap bahwa anak mereka kini sudah mulai dewasa. Ingat, semua keburukan itu bisa timbul dari rokok dan minuman keras.

Entry filed under: Masa Remaja, Wajar 9 tahun. Tags: .

Info Jurusan PT : TEKNIK MATERIAL, APA ITU? Indonesia Kembali Berjaya di Olimpiade Sains Internasional

4 Komentar Add your own

  • 1. deKing  |  Juli 28, 2007 pukul 4:13 pm

    Kayaknya jaman sekarang anak2 SD saja sdh mulai suka lawan jenis tuch hehehehe…
    Mengenai penghentian pengajaran agama memang sepertinya itulah fakta yg ada…sayang sekali ya

    Balas
  • 2. kenny  |  Juli 29, 2007 pukul 6:57 pm

    selain manjadi masalah, masa smp juga patut kita syukuri karena saat itu pula kita mulai mengenal apa itu arti sebuah ‘kedewasaan’ dan mulai belajar lebih jauh tentang arti hidup.

    Balas
  • 3. Nisa Hermina  |  Agustus 30, 2007 pukul 3:21 pm

    pas…Banget!^^

    Balas
  • 4. Irna  |  Maret 31, 2009 pukul 9:13 am

    Duh..gwt jg klo ank2 smp jaman skrg udh pd knl yg nmx free sex.
    Perlu di tanggulangi tuh..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Pelajar

Pelajarpun Boleh Bicara adalah sebuah blog yang dikhususkan bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk bicara bebas mengenai pendidikan. Jangan mau dijadikan kelinci percobaan pemerintah saja. Mari kita bicara!!!

Terbaca

  • 129,149 kali

Arsip

Pesan-Pesan

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

%d blogger menyukai ini: